Sabtu, 28 Juli 2007

Menjadi pribadi yang disukai dikantor

Apa yang diperlukan untuk memudahkan peningkatan karir? Ternyata pencapaian karir yang baik tidak melulu diukur dari ketrampilan, keahlian, loyalitas, maupun prestasi. Semua ini belum cukup untuk mengantarkan anda kepada jenjang karir yang tinggi..

Pada intinya, untuk mendukung mulusnya karir anda, anda dituntut untuk menjadi pribadi yang disukai. Sikap saling menghargai dan menghormati, selalu bersedia membantu rekan yang kesusahan merupakan salah satu kunci yang akan mengantarkan anda meraih sukses dalam karir. Lalu apa lagi? coba simak selengkapnya:

Hargai privasi orang lain

Dimanapun anda berada, anda tetap harus menjaga privasi orang lain. Kalau anda termasuk orang yang kurang bisa menghargai wilayah pribadi orang lain, mulai sekarang belajarlah untuk melakukannya. Termasuk untuk hal-hal yang kesannya sepele. Misalnya mengetuk pintu ruangan kerja orang lain sebelum anda masuk. Tahan pula keinginan anda untuk membaca surat-surat atau apapun yang berada di meja kerja rekan anda. Jika ingin menggunakan benda milik rekan, biasakan untuk meminta ijin terlebih dulu.

patuhi peraturan

Sekalipun perusahaan anda tempat bekerja tergolong longgar dalam menetapkan peraturan terhadap karyawannya, jangan pernah sekalipun mengambil keuntungan atau memanfaatkan kondisi tersebut. Misalnya, kebiasaan datang terlambat ke kantor hanya karena tidak pernah ada yang menegur. Menelepon rekan keluar kota bahkan keluar negeri berjam-jam karena perusahaan tidak membatasi pemakaian telepon atau bahkan menggunakan mesin kopi untuk kepentingan pribadi hingga berlembar-lembar. Jangan jadikan hal buruk ini sebagai kebiasaan. Walau selonggar apapun peraturan perusahaan, anda tetap harus memiliki rem yang pakem untuk membatasi diri. Bersikap dan bertindaklah sesuai peraturan dan batas kewajaran.

Jaga kebersihan dan kerapihan

Dimana-mana, kebersihan harus selalu dijaga, terlebih di lingkungan kantor. Pribadi yang jorok dan malas menjaga kebersihan jelas bukanlah pribadi yang menyenangkan. Jangan biarkan sisa makanan atau kertas-kertas kotor berserakan di meja kerja anda. Selain bikin sakit mata, hal tersebut akan mengganggu konsentrasi kerja anda. Meja yang rapih dan bersih akan membuat anda lebih nyaman dan menambah semangat kerja. Selain itu gunakan pakaian yang bersih dan telah disetrika dengan baik. Pakaian yang kotor dan acak-acakan membuat anda tidak pantas masuk ke ruangan kantor.

Jaga mulut

Di lingkungan kantor, anda harus pandai-pandai menjaga mulut anda. Ingat ungkapan 'lidah lebih tajam daripada pedang'. Anda harus tahu kapan saatnya angkat bicara dan kapan harus menutup mulut rapat-rapat. Jangan mengobral omongan tentang keburukan teman atau menyebarkan gosip atau membicarakan hal negatif tentang orang lain. Jika bos menyampaikan suatu rahasia pada anda, jangan sekalipun membocorkannya pada rekan-rekan yang lain. Karena kebiasaan bermulut ember akan mengurangi kredibilitas anda di mata rekan-rekan. Ingat, kekuatan pribadi anda terletak pada kemampuan anda menahan diri, termasuk menahan mulut anda untuk menyiarkan berita yang seharusnya anda jaga.

Jangan ngutang

Kadang, dalam kondisi kepepet anda terpaksa meminjam duit rekan anda untuk suatu keperluan. Misalnya saat makan bareng, sementara anda lupa membawa uang. Kalau memang anda terpaksa meminjam, kembalikan secepatnya. Jangan sampai anda dicap pura-pura lupa karena kelamaan membayar. kebiasaan lupa membayar hutang pada teman sekantor akan membuat anda dicap tidak bisa menghargai orang lain. Jangan lupa ucapkan terima kasih ketika mengembalikannya.

Bersedia membantu

Jika rekan anda meminta bantuan anda dan kebetulan anda mampu melakukannya, jangan ragu untuk membantunya. Kesediaan meringankan beban orang lain akan membuat anda semakin disegani oleh rekan-rekan anda. Bukankah sekali waktu anda pun memerlukan bantuan rekan anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan harian ini berisi hal-hal yang aku ketahui dan yang terjadi dalam hidupku, ada komentar atau kritik dan saran?