Sabtu, 28 Juli 2007

Miliki kompetensi pribadi

Jika anda ingin sukses dalam karir, maka anda harus memiliki kompetensi pribadi. Selama ini mungkin anda membayangkan bahwa kompetensi adalah kemampuan dan keahlian dalam bekerja. Apakah cukup hanya itu? Ternyata tidak! Kompetensi, dalam hal ini kompetensi pribadi, memiliki cakupan yang luas dari sekedar mampu dan ahli bekerja. Paling tidak demikian menurut para pakar pendidikan dan karir, dalam seminar persiapan menghadapi dunia kerja 2001.

Apa aja sih yang dimaksud dengan kompetensi pribadi iru? Nah yang mau tau, coba simak hal-hal yang termasuk kompetensi berikut ini:

Personal attitude

Personal attitude adalah bagaimana sikap anda dalam dunia dan lingkungan kerja. Dan bagaimana anda membawa diri di lingkungan kerja yang notabene berbeda dengan lingkungan kampus ataupun rumah. Sikap yang dimaksud disini tentu saja adalah sikap yang mencerminkan profesionalisme. Bisa menghargai dan menghormati rekan-rekan kerja dan bos, disiplin dan taat pada peraturan, loyal pada perusahaan termasuk dalam personal attitude anda. Karena percuma juga jika anda memiliki keahlian yang oke tetapi tidak ditunjang oleh personal attitude yang baik. Berarti karir anda akan mandeg.

Personal skills

Keahlian anda di bidang tertentu tentu saja sangat menunjang karir anda. Ini adalah basic bagi suksesnya sebuah karir. Karena bagaimana karir anda bisa maju jika anda tidak punya keahlian sama sekali? Untuk itu pelihara dan asah terus keahlian anda. Jika anda ahli di bidang perbankan maka kembangkan keahlian anda itu. Ingat loh keahlian yang anda miliki tidak akan ada pengaruhnya bagi karir anda jika tidak anda kembangkan. Maka jangan sia-siakan keahlian yang sudah anda miliki.

Personal knowledge

Pengetahuan merupakan hal yang tak kalah penting bagi suksesnya karir anda atau siapapun. Pengetahuan yang dimaksud disini, selain pengetahuan khusus tentang bidang kerja anda, anda juga perlu mempelajari bidang lain untuk melengkapinya. Misalnya walau anda ahli di bidang akuntansi tetapi anda tetap memerlukan pengetahuan di bidang teknologi. Karena ini menunjang kelancaran karir anda bukan? Toh jaman sekarang, bidang apapun yang anda geluti, selalu berkaitan dengan teknologi. Anda perlu menggunakan komputer, internet, dan lain-lain. Selain itu anda pun perlu membekali diri dengan pengetahuan umum lainnya. Untuk itu, sempatkan diri anda untuk membaca berita dan informasi terhangat. Anda bisa menyimaknya lewat surat kabar, televisi, dan internet.

Personal experience

Pengalaman yang anda miliki akan menambah kompetensi anda. Untuk tetap eksis di dunia kerja, pengalaman memegang peranan penting. Ingat ngga ungkapan yang mengatakan bahwa “pengalaman adalah guru yang paling baik”?. Ungkapan ini sepenuhnya adalah benar. Setiap pengalaman yang anda dapatkan akan menambah kemampuan dan kualitas diri anda dalam mengaktualisasikan diri di dunia kerja. Tentu saja ini akan menambah benefit anda kan?

Personal responsibility

Apapun alasannya, anda harus memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan anda. Ini menyangkut kredibilitas anda di mata bos dan rekan-rekan. Dengan tanggung jawab yang tinggi, anda dapat menyelesaikan tugas apapun dengan baik. Maka tanamkan tanggung jawab mulai dari diri anda sendiri. Bukankah orang yang maju selalu bertanggung jawab terhadap apa yang telah dikerjakannya?

Ingat loh, kesemua hal tersebut saling menunjang dan mempengaruhi. So, jika anda ingin sukses milikilah kompetensi tersebut dan bersiaplah untuk menjadi pribadi yang sukses dalam karir..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan harian ini berisi hal-hal yang aku ketahui dan yang terjadi dalam hidupku, ada komentar atau kritik dan saran?