Sabtu, 15 Agustus 2009

Waspadai, Bahan Makanan Pemicu Racun

  1. Buah semangka jika dicampur dengan daging sapi atau sejenisnya, dari ­mula-mula berwarna merah darah akan langsung teroksidasi menjadi warna coklat keruh clan hitam keabu-abu-an yang bisa memicu terjadinya racun. Sebaiknya jika Anda baru saja makan daging sapi, sebaiknya jangan langsung makan buah semangka.
  2. Waspadailah mengkomsumsi makanan laut seperti kerang-kerangan (kerang hijau, keong), siput, oyster dan lain-lain, terutama yang diperoleh dari pantai yang terpolusi limbah pabrik. Karena mengandung logam-logam berat seperti merkuri (Hg), Pb atau timah, cuprum dan sebagainya, akan menyebabkan keracunan.
  3. Makan udang dalam jumlah banyak dibarengi komsumsi vitamin C. Hasilnya, Arsene Perokside (As205) dalam udang akan teroksidasi menjadi Arsene triokside (As203) yang sangat beracun, dan bisa menyebakan kematian.
  4. Mengkomsumsi aspirin atau asetosal yang sudah teroksidasi (tandanya tampak bulu-bulu tajam dipermukaan tablet), dimana aspirin sudah mengalami oksidasi dari asam asetilosalisilat menjadi asam salisilat. Ini dapat memicu iritasi lambung sehingga terjadi perdarhan (racun).
  5. Jangan minum obat cacing setelah mengkomsumsi minuman atau makanan berminyak. Pasalnya obat cacing yg dalam air tidak diadsorbsi oleh alat pencernaan, tapi dalam minyak dapat diadsorbsi, sehingga menimbulkan keracunan dalam darah, menyebabkan kematian
  6. Hindari minum obat-obatan antibiotik usai makan atau sebelum makan. Karena menyebabkan kadar mematikan bakteri akan berkurang karena diikat oleh mineral-mineral dalam nasi atau susu/makanan (calcium), sehingga menyebabkan bakterinya resisters. Dan menjadi kebal terhadap obat-obatan. Minumlah 1/2 -1jam sebelum atau sesudah makan.
  7. Minum obat antibiotik harus dihabiskan sesuai resep dokter atau minimum diatas 3000 mgram (3 gram) untuk dewasa, misal 4 X sehari 1 capsul (250 mg/500mgr) selama 4 hari berturut-turut. Jadi sekitar 3 gram s/d 8 gram.
  8. lbu hamil clan bayi jangan minum obat tetracycline atau obat-obatan yg mengandung tertra, sebab akan menyebabkan giginya kuning atau abu­abu, karena tetra diikat oleh calcium gigi


1 komentar:

Catatan harian ini berisi hal-hal yang aku ketahui dan yang terjadi dalam hidupku, ada komentar atau kritik dan saran?