Sabtu, 28 Juli 2007

Tampil meyakinkan saat wawancara

Pada dasarnya setiap orang ingin tampil menarik dalam setiap kesempatan. Terutama dalam kesempatan-kesempatan penting, seperti presentasi, bertemu klien, ataupun panggilan wawancara kerja. Panggilan wawancara atau interview bisa jadi merupakan moment yang cukup penting dalam hidup anda, terutama bagi anda yang saat ini tengah mencari-cari pekerjaan. Jangan lupa, wawancara adalah saat yang cukup menentukan lolos atau tidaknya anda dalam proses penerimaan karyawan.

Kesan pertama yang tertangkap oleh si pewawancara kemungkinan besar akan mempengaruhi point terhadap anda. Dari penampilan, akan tertangkap apakah anda merupakan calon yang pantas diterima atau sebaliknya. So, agar penampilan anda saat wawancara chic and match dari ujung rambut sampai ujung kaki, perhatikan hal berikut ini:

Busana

Untuk menghadiri wawancara, pilihlah desain dan warna busana yang sesuai dengan bentuk tubuh dan kepribadian anda. Tidak perlu memaksakan diri memakai model busana yang sedang in jika tidak cocok dengan bentuk tubuh dan kepribadian anda. Hal ini hanya akan membuat anda tidak pede. Pikirkan busana yang sesuai dengan anda namun tetap sopan dan pantas dikenakan untuk wawancara. Untuk wanita hindari memakai rok supermini dan sempit. Gunakan rok maksimal 5 cm di atas lutut. Hindari pula blus dengan belahan dada rendah, apalagi bahan yang sangat tipis. Untuk pria gunakan kemeja warna polos dan celana panjang pantalon. Hindari kemeja bermotif ramai.

Rambut

Tatalah rambut anda sepantasnya. Tidak perlu berlebihan sampai memakai jasa hair stylish segala. Yang penting pastikan rambut anda rapih, bersih, dan tidak berminyak apalagi lengket. Hindari memakai cat rambut atau wig yang mencolok. Bagi wanita berambut panjang, hindari asesori rambut yang berlebihan, misalnya jepit warna-warni atau bando yang terlalu besar. Sedangkan bagi pria, hindari menghadiri wawancara dalam keadaan rambut gondrong. Cukurlah rambut anda dengan rapih.

Make up

Untuk anda para wanita, gunakan make up wajah sewajarnya. Jangan terlalu tebal dan medok tetapi juga jangan tidak memakai make up sama sekali. Gunakan make up dengan warna-warna natural. Hindari mentato alis, memakai eye shadow dan lipstik warna-warni. Selain itu, jangan menggunakan cat kuku warna ngejreng, seperti ungu atau merah tua. Seandainya pun ingin memakainya, gunakan yang berwarna lembut seperti warna beige. Bagi pria tentu saja tidak perlu make up wajah. Tetapi sebaiknya wajah dalam keadaan segar, tidak kusut dan kusam.

Tas

Gunakan tas dengan ukuran sesuai kebutuhan dengan desain sederhana dan klasik. Hindari memakai tas punggung (ransel), tas backpack, tas dengan warna dan motif mencolok, atau tas yang terlalu kecil.

Aksesori

Untuk wanita, gunakan anting-anting pendek atau giwang. Jangan memakai anting-anting panjang. Anting model ini hanya cocok dipakai ke pesta. Hindari juga memakai bros yang terlalu besar. Bagi pria, jangan sekalipun menghadiri wawancara menggunakan anting-anting di telinga anda. Hindari identitas preman saat wawancara. Untuk ikat pinggang, gunakan ikat pinggang yang serasi dengan rok atau celana anda. Jangan memilih yang warna-warni dan terlalu besar.

Sepatu

Jangan menggunakan sepatu sandal apalagi sepatu kets saat wawancara. Bagi wanita sebaiknya gunakan sepatu berhak 5 cm. Model sebaiknya klasik. Bagi pria gunakan sepatu pantofel, hindari memakai sepatu lars tinggi atau sepatu boot.

1 komentar:

  1. Hi, suster nada and friends,

    kalo lagi nyari kemeja2 kantoran yang murah (cuma 29 ribu aja lo), modelnya ga pasaran, and bisa mendukung penampilan kita saat wawancara, mampir deh ke :

    www.kemejakemeja.multiply.com

    Thanks

    BalasHapus

Catatan harian ini berisi hal-hal yang aku ketahui dan yang terjadi dalam hidupku, ada komentar atau kritik dan saran?