Sabtu, 28 Juli 2007

Tetap kompak dengan bos sulit

Punya bos berkarakter sulit? Pasti nggak ada satupun yang mau...! Bahkan mungkin membayangkan saja anda ogah. Tapi siapa juga yang bisa menghindar jika ternyata anda ditakdirkan punya bos yang sulit. Misalnya, punya bos yang otoriter, diktaktor, atau yang terlalu cuek. Tapi jika anda tergolong punya bos yang bermasalah, jangan down dulu dong. Sesulit apapun karakter bos anda, masih ada cara kok untuk menyiasatinya. Ikuti beberapa tips untuk menghadapinya berikut ini:

- Jangan pernah mencoba untuk merubah perilaku bos anda. Karena percuma saja, anda nggak akan berhasil. Biar bagaimanapun ia tetaplah seorang bos yang memimpin anda dan anak-anak buahnya. Lebih baik andalah yang menyesuaikan diri dengan karakter bos anda. Pelajari dengan seksama perilaku bos anda sehari-hari. Kemudian cari celah mengambil hati bos anda berdasarkan kebiasaannya.

- Jangan beranggapan bahwa anda tahu secara pasti tujuan-tujuan bos. Pastikan hal-hal apa saja yang ingin dicapai oleh atasan anda, jika perlu tanyakan langsung untuk mengklarifikasi tujuan tersebut. Sehingga anda bisa lebih konsisten mencapainya.

- Pastikan bahwa tujuan dan prioritas bos sejalan dengan pikiran anda. Dengan demikian, anda bisa saja menjadi team work yang kompak dengan bos. Dan jika terjadi clash atau perbedaan pandangan dengan bos, bicarakan secara terbuka. Ingat, bos-bos dengan karakter sulit umumnya lebih suka membicarakan masalah secara terbuka dan tuntas, daripada mendengar keluhan di belakangnya.

- Jangan ragu-ragu untuk mengungkapkan gagasan dan saran pada bos, jika anda yakin ide anda cukup bernilai. Cari timing yang tepat kapan dan dimana anda dapat menyampaikannya pada bos. Jika bos tidak setuju dengan saran anda, jangan senewen dulu. Cobalah pelajari ide anda dari sudut pandang atasan anda. Dengan demikian, mungkin anda bisa menyesuaikan gagasan anda dengan keinginan bos.

- Sesekali nggak ada salahnya memuji performa bos anda. Terutama mengenai kepemimpinannya. Ingat, sesulit-sulitnya bos, dalam hatinya tetap akan merasa tersanjung jika mendapat pujian dari anak buah. So, lakukanlah di saat yang tepat. Jangan takut dianggap cari muka. Toh anda melakukannya dengan tulus.

Ingat, no body's perfect, begitu juga dengan bos anda. Kalau anda berusaha untuk menyesuaikan diri dengan karakter bos secara positif anda akan berhasil menjadi tim yang kompak dan solid. Tentu saja, asal andapun kompak dengan rekan-rekan anda yang lain. So, bos sulit bukan masalah lagi kan..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan harian ini berisi hal-hal yang aku ketahui dan yang terjadi dalam hidupku, ada komentar atau kritik dan saran?