Sabtu, 28 Juli 2007

Tips Menghadapi Masalah

Pusing karena banyak masalah itu wajar. Karena setiap manusia hidup tak terlepas dari beban masalah, baik yang ringan sampai yang berat. Apalagi anda yang selalu disibukkan dengan pekerjaan dari hari ke hari. Tetapi seberat-beratnya masalah tentu ada jalan keluarnya. Tau nggak? Pada dasarnya kunci pemecahan setiap masalah tergantung pada diri sendiri bukan semata-mata pada masalahnya.

Biasanya setiap masalah datang, orang sibuk mengumpat, memaki-maki dan menyesali kenapa masalah itu menimpa. Padahal daripada sibuk memaki, lebih baik anda menyusun kekuatan untuk mengelola masalah tersebut. So, anda yang tengah stres menghadapi masalah coba simak tips singkat menghadapi masalah ala Robert H. Sculler dalam bukunya yang berjudul Tough Times Never Last, but Tough People Do:

Hadapi setiap masalah yang datang

Jangan belagak cuek jika ada masalah, tetapi juga jangan bersikap panik. Sudah selayaknya anda peduli pada masalah yang menimpa anda, sekecil apapun masalah itu. Asal tau aja, banyak masalah kecil yang potensial menjadi masalah besar dan siap meledak jika anda tidak berusaha mengelola masalah itu secara efektif. Kalau didiamkan terus akibatnya anda bisa stres luar biasa.

Jangan mendramatisir masalah

Mendramatisir masalah bukanlah hal yang manjur untuk memperbaiki keadaan. Stop mengeluhkan masalah anda kesana kemari. Dan jangan melebih-lebihkan masalah. Karena mendramatisir masalah hanya akan menambah beban masalah. Jernihkan pikiran anda dan tempatkan masalah pada sudut pandang yang objektif.

Jangan kelewat santai

Melupakan masalah sejenak boleh aja. Selama ini banyak orang yang melarikan diri dari masalah dengan mencoba melakukan kegiatan yang menghibur. Tetapi jangan terlalu lama. Jika pikiran anda sudah tenang cobalah untuk memikirkan jalan keluar dari masalah anda. Karena masalah yang terlalu lama diendapkan akan semakin sulit diselesaikan. Lagipula semakin lama melupakan masalah, semakin banyak masalah baru bermunculan.

Jangan emosi

Wajar sih kalo anda kalut dan emosi saat menghadapi masalah. Tapi usahakan agar emosi anda jangan sampai mengacaukan pikiran jernih anda. Biasanya kondisi yang emosionil akan menuntun anda pada tindakan yang destruktif. Maka hati-hati, saat anda emosi jangan coba-coba mengambil keputusan. Lebih baik anda cooling down dulu. Kemudian saat pikiran anda sudah tenang mulailah untuk memikirkan masalah itu dengan lebih seksama.

Pakai strategi

Jangan cuma sibuk mengharapkan bantuan orang lain untuk memecahkan masalah anda. Cobalah atur strategi untuk memecahkan masalah. Boleh saja anda minta bantuan orang lain tetapi jangan berharap bahwa ia yang akan menyelesaikannya. Semua ada di tangan anda. So, anda harus mengatur strategi dan rencana untuk mengatasi masalah anda.

Selanjutnya, semua tergantung sejauhmana usaha anda untuk menyelesaikannya. Ingat, orang yang selalu lari dari masalah adalah orang-orang pengecut yang sama sekali tidak memiliki keberanian menghadapi masa depan. Dan anda yang tidak berani menatap dan menghadapi masa depan tidak akan pernah meraih sukses.

1 komentar:

  1. Makasih infonya,
    saya dpt masukn dr sini,

    punya saran2 lain gak untk membujuk orng yg keras kepala,

    BalasHapus

Catatan harian ini berisi hal-hal yang aku ketahui dan yang terjadi dalam hidupku, ada komentar atau kritik dan saran?